Rabu, Maret 14, 2012

KESENDIRIAN TIDAK SELALU MENYEDIHKAN! GALAUUU....

Banyak orang termasuk juga saya, yang tidak menyukai kesendirian, karena waktu akan terasa panjang dan menjemukan.'Sendiri alias alone atau kalau gue bilang lagi GALAU...hehehe'...ternyata hal yang sering di anggap remeh ini bisa menjadi masalah besar bagi sebagian orang! Apakah kamu termasuk yang demikian? :-)

Memang, namanya sendirian seringkali diidentikkan dengan hal yang ngeselin, menakutkan, menjemukan, bahkan sering menjadi simbol kesedihan hingga bahkan menjadikan kita menjadi GALAU.... Ehh, tapi ntar dulu mas bro, jika kita mau membuka pikiran, sebenarnya kesendirian itu tidak selalu menyedihkan kok!

Begini mas bro, menurut guru spiritual saya, kesendirian itu bisa memiliki dua makna atau arti...Yang pertama, kesendirian di artikan menyangkut fisik yang sebenarnya, yaitu ketika situasinya tanpa ada orang di sekitarnya. Nah yang kedua, kesendirian di artikan sebagai bentuk perasaan saja. Bisa jadi nih, seseorang berada di tengah hiruk pikuk keramaian, namun alias ternyata eh ternyata, dia merasakan kesunyian dalam hati dn perasaannya. aw...aw...aw...hehehe.....Mungkin kita pernah mengalami hal kayak gitu juga, terutama ketika menemui masalah dengan rekan kerja, sahabat, keluarga, atau pacar? :-) dan lain sebagainya..!Betulll....? hihihi....

Satu hal yang perlu kita ingat, kesendirian dengan arti apapun sebenarnya bukan masalah jika kita mampu mengelolanya dengan baik, atas perasaan, sikap dan segala situasinya. Bagaimana kita bisa mengelola kesendirian supaya lebih bermakna? Berikut ini beberapa hal yang dapat di lakukan untuk mengelola kesendirian agar dapat lebih bermakna, antara lain :

    1. Cari kesibukan yang dapat anda lakukan, saya sarankan untuk melakukan beberapa aktivitas seperti membaca, menulis, olahraga, atau menyanyi.... *Membaca koran, majalah atau  buku, dapat membantu kita menjadikan kesendirian lebih bermakna karena kita menambah pengetahuan dari apa yang kita baca. Tapi jangan membaca yang enggak-enggak ya, seperti buku porno atau majalah play boy, karena kesendirian anda bukan akan menjadi bermakna tapi akan semakin terasa menyedihkan karena menahan hasrat....hahahaha....just kidding mas bro..., yang jelas, bacalah buku-buku positif yang kita sukai.  *Menulis dapat di lakukan dengan membuat sebuah cerpen, makalah, artikel atau bahkan novel atau sebuah buku. Yang perlu di ingat adalah, tulislah dengan alat tulis yang benar seperti menggunakan bolpoint dengan kertas, atau dengan mesin ketik/komputer. Jangan menulis di dinding rumah pakai spidol, ntar di marahin mama....hehehe...(inget masa kecil dulu...hihihi..).  *Olahraga dapat di lakukan sendirian maupun berkelompok dengan temen-temen dekat kita. Bisa lari-lari sore, fitnes, main bola, badminton, golf, dsb. Yang penting selalu jaga sportifitas ya bro, jangan lagi main bola, tau-tau udah berubah jadi tanding karate aja, kaki sama tangan udah saling pukul-pukulan, ga asyik deh...  *Menyanyi adalah sebuah kegiatan yang dapat menghilangkan rasa GALAU dalam kesendirian kita. Dari yang muda sampai yang tua, semua orang pasti suka menyanyi, hanya tinggal kita punya bakat atau tidak...hehehe....Dengan menyanyi kita dapat menghilangkan sejenak rasa GALAU di hati.....ciieehhh...hihihi...Yang harus di perhatikan adalah moment waktu dan tempat kita untuk menyanyi. Menyanyilah pada tempatnya, seperti tempat karaoke, di kamar mandi, atau di cafe-cafe yang memang menyediakan sarananya(liat kemampuan juga sih...hehe). yang jelas jangan kita menyanyi, teriak-teriak di rumah sakit yang lagi banyak orang sakit, atau kita teriak-teriak nyanyi malam-malam, bisa mbangunin tetangga sekampung tuh, apalagi kalau nyanyinya malam-malam di kuburan, rawansss mas bro, bisa-bisa bangun semua tuh yang sudah "rest in peace" gara-gara terganggu, hiiiii....syeremmm dah...hehehe...Apapun kesukaan kita. Dengan cara ini, kesendirian akan terasa lebih menyenangkan!
    2. Kedua, ingat-ingat kembali hal-hal yang menjadi impian kita dan belum sempat dilakukan. Kita bisa membuka agenda-agenda pribadi, foto-foto jaman dulu waktu pacaran atau waktu masih cupu-cupu, hihiih...., buku-buku kesukaan kita, dan lain sebagainya. Sekalian beres-beres kamar/rumah gitu, sama kamar saya di beresin juga ya, kan jadi hal positif tuh, hehehe... Insya Allah, cara ini akan menyadarkan kita akan cepatnya waktu berlalu, dan sempitnya waktu untuk mewujudkan segalanya. Kalau sudah begini, kita akan tergugah untuk dapat berpikir dan berusaha mewujudkan impian-impian yang mampu kita lakukan, so....bukankah kesendirian itu jadi menyenangkan? ;-)
    3. Ketiga, tuliskan dalam kertas atau komputer kita, sebanyak-banyaknya tentang keinginan yang ingin kita wujudkan selagi kita masih hidup. bisa jadi keinginan-keinginan waktu kecil dulu yang belum kesampaian, atau mimpi-mimpi kita waktu muda yang merupakan ide-ide gila anak muda, jiiaahhh....hihihi..., atau keinginan-keinginan yang bahkan mustahil terjadi menurut pandangan kita, seperti jadi strikernya MU, jadi pacar/suaminya Brietney Spears atau Marlyn Moonroe, atau mimpi bisa jadi orang terkenal....hehehe, curhat pribadi nih....hihi.. Intinya dengan menuliskan kembali 'keinginan-keinginan gila' kita, atau mimpi-mimpi lain yang belum terlaksana, maka kita akan sadar, bahwa ternyata masih banyak sekali hal yg perlu kita lakukan, dan kesendirianlah yang dapat membantu kita mengingat semua itu...!
    4. Dan yang terakhir yang terpenting....yang sebenarnya merupakan hal "paling utama dan yang pertama" yang harus kita lakukan adalah "Mendekatkan diri kita kepada Yang Maha Mencinta diri kita", berdoa dan bersyukur selalu atas nikmat dan karunia yang telah di berikan-Nya kepada kita semua. Dalam kesendirian akan semakin menyadarkan hakekat keberadaan kita di dunia ini. Juga menyadarkan kita akan keterbatasan kemampuan kita sebagai makhluk yang selalu butuh pertolongan. Semakin keyakinan ini kuat, maka akan semakin kokoh kemampuan kita mengarungi kehidupan, dengan segala situasinya. Intinya, janganlah kita menjadi terjebak dalam kesendirian dengan suasana 'hati yang negatif' alias GALAU gitu...hehehe..., dan jangan kita membiarkannya berlarut-larut, hingga membuat kita putus asa. Selalu semangat dan yakin dengan indahnya rencana-Nya bagi kita umatnya.
    So...kalau kita mau membuka mata dan hati kita, sebenarnya kita tidaklah pernah benar-benar sendiri. Akan selalu ada orang lain di sekitar kita. Pasti selalu ada orang yang bisa kita jadikan teman, dan menjadi orang yang dapat kita ajak bicara! yang perlu kita lakukan adalah mau terbuka, sehingga dalam kesendirian kita bisa merenungkan banyak hal. Dalam kesendirian kita juga bisa menemukan kedewasaan diri, kebijaksanaan, ide-ide cemerlang, dan memaksimalkan potensi yang kita miliki.

    Dalam kesendirian kita pula kita bisa mengungkap kejujuran, yang bisa jadi sering terkalahkan oleh sifat sombong dan ego yang seringkali kita temukan di keramaian! Ga bisa dipungkiri, kesendirian itu bisa datang kapan saja kepada siapa saja, termasuk kita-kita ini, betul tidak..?. Nah, jika suatu ketika nanti, atau bahkan saat ini kita sedang dilanda 'kesepian' alias merasa 'sunyi sepi sendiri' atau GALAU gitu, kita harus ingat, bahwa kesendirian itu tidak selamanya menyedihkan dan mematikan kehidupan kita!

    Mari kita kelola perasaan kita dengan baik, dan jadikan kesendirian kita menjadi lebih bermakna. :-)

    (terinspirasi dari tulisan Anne Ahira-Asian Brain)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar